Rabu, 30 Desember 2009

Normalkan semua volume lagu MP3 dengan sekali klik menggunakan software MP3GAIN

Koleksi file MP3 yang anda punya biasanya berasal dari berbagai sumber/dari tempat yang berbeda,sehingga lagu-lagu itu kerap kali mempunyai tingkat volume yang berbeda-beda.Coba anda bayangkan jika semua lagu MP3 itu dikumpulkan jadi satu dalam playlist di gadget multimedia anda,tentu tidak akan nyaman rasanya mendengarkan lagu-lagu yang mempunyai volume berbeda-beda dan seringkali anda harus meyesuaikan volume agar lagu bisa didengar atau bahkan menurunkan volume jika terlalu keras dan menyakitkan telinga.

Ada sebuah software yang dapat dengan mudah anda gunakan untuk menormalkan semua koleksi lagu MP3 anda,sehingga semua volume dari lagu-lagu MP3 anda akan mempunyai tingkat kekerapan/db yang sama.

Software itu adalah MP3GAIN WIN-FULL-1.2.5, Anda dapat berkunjung ke situsnya yakni http://prdownlouds.sourceforge.net/mp3gain/mp3gain win-1_2_5.exe?downloud, dengan besar file hanya 652kb. Atau langsung unduh dari blog saya disini MP3GAIN WIN-FULL-1.2.5.

Cara pakai:

1). Downloud dan install MP3GAIN WIN-FULL-1.2.5 di computer anda,sesuai tahapan yang hingga selesai.



2). Jalankan aplikasi dan tentukan file atau folder lagu MP3 yang anda ingin normalisasi volume suaranya.Untuk memilih beberapa file pada folder,klik pada tombol ADD FILES,sedang untuk memilih seluruh folder klik ADD FOLDER.



3). Anda dapat memilih normalisasi volume berdasarkan track ataupun album lagu,untuk default untuk normalisasi volume adalah 89db,tapi anda dapat mensettingnya sendiri sesuai kebutuhan anda.Jika semua lagu atau folder anda sudah terpilih,kemudian klik TRACK ANALYSIS atau ALBUM ANALYSIS,MP3GAIN akan menganalisa file mp3 anda sebelum mulai proses gain.Kemudian baru klik tombol TRACK GAIN atau ALBUS GAIN.

4). Anda masih dapat
mengundo atau membatalkan proses gain,bila anda belum puas ke posisi semula dengan mengklik menu file kemudian undo gain changes. Sekian selamat mencoba!


Artikel Menarik Lainnya





0 komentar:

Posting Komentar